Nelayan Pengais Ikan dengan Kapal Sedang di Pacitan Dipastikan Tak Pakai Cantrang

Pacitan,Nusantarapos,-UPT Dinas Perikanan Pacitan memastikan bahwa nelayan yang ada di wilayah laut Pacitan tidak ada yang memakai jaring cantrang. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala UPT Dinas perikanan Kabupaten Pacitan saat di temui Wartawan Nusantarapos di kantornya  pada hari Selasa (6/3/2018).

“Untuk pengguna jaring cantrang di wilayah laut Pacitan ini tidak ada sama sekali.karena alat itu tidak cocok di area pantai selatan ini.jadi kalaupun ada isu tentang jaring cantrang yang di pakai oleh nelayan itu tidak benar” jelas Ninik Setyiorini.

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa untuk penggunaan jaring tersebut tidak ada, karena kalaupun ada jenis kapalnya pun harus besar. “Selain perahu nelayan pribumi,sedangkan kapal-kapal nelayan di pelabuhan Tamperan skalanya masih katagori kecil,”bebernya.

Di sisi lain Suhudi (38) seorang nelayan tradisional menambahkan, “Ya kalau ada yang menggunakan jaring cantrang nelayan-nelayan pribumi gak setuju,karena selain meludeskan ikan kecil-kecil juga sangat berpengaruh besar kepada kita-kita ini.selain itu juga merusak terumbu karang yang ada di area laut Pacitan ini.”

Nelayan pendatang yang menggunakan kapal-kapal skala sedang yang berada di perairan laut Pacitanpun ditegaskan untuk tidak menggunakan jaring cantrang.karena selain merusak ekositim laut juga bisa merusak terumbu karang.(APR)

You may also like...