Hobi Koleksi Batik? Jangan Lewatkan Batik Asli Bekasi

Bekasi, NusantaraPos – Bekasi memang sudah terkenal sebagai penyangga kota Jakarta dan telah mengalami modernisasi. Tapi dibalik itu, kota Patriot ini juga masih menyimpan beragam budaya, salah satunya Batik Bekasi.

Bagi yang belum pernah tahu sebelumnya, Batik Bekasi sudah diresmikan oleh Walikota Bekasi pada 10 Maret 2014 silam, bertepatan dengan HUT Kota Bekasi Ke-17. Motif batiknya ada 12 pakem yang sudah dipatenkan dengan 5 kategori, yaitu Flora, Fauna, Sejarah, Budaya dan Batik terang dengan warna merah tanah, hijau lumut dan hijau daun. Jenis batik Bekasi sendiri ada 3, yaitu batik cap, tulis dan printing.


“Ada motif bambu, burung mandar, gedung perjuangan, rawa motif golok, bunga teratai, buah kecapi, tari topeng, permainan anak-anak seperti dampu. Ada 12 pakem yang sudah dipatenkan,” kata Sri Winarni, pengrajin batik asal Mustika Jaya, Bekasi yang diwawancarai Nusantara Pos, Rabu (14/2/2018).

Wanita yang juga mendirikan usaha Batik Sri ini juga menjelaskan bahwa motif bambu goloq kembar menjadi motif yang paling banyak dicari pembeli.

“Ya macam-macam. Saya kebetulan unggulannya motif bambu goloq kembar, tugu motif asem dipadu dengan goloq,” terangnya.

Saat ini pemesan batik Bekasi, lanjut Sri, kebanyakan memang dari instansi Pemerintahan serta sekolah di Bekasi. Sedangkan pembeli lain biasanya berasal dari daerah Tangerang dan Karawang.

Wanita yang juga tergabung sebagai pengurus Komunitas Batik Kota Bekasi (KOMBAT) ini, bersama rekan-rekannya sesama pengrajin dan anggota KOMBAT juga selalu mempromosikan batik Bekasi agar semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia melalui sosialisasi, pameran dan fashion show. “Semoga batik Bekasi semakin dikenal masyarakat luas,” harap Sri.

Yang menarik, batik Bekasi pernah dibawa ke luar negeri oleh mahasiswa IPB untuk fashion show di Jepang. Bahkan Mutia, salah satu finalis Puteri Indonesia Jawa Barat 2018 juga menggunakan batik Bekasi untuk fashion show. (ARS)

You may also like...